Ketahanan Nasional Tentang Gerakan Aceh Merdeka (GAM)


KASUS KETAHAN NASIONAL TENTANG GERAKAN ACEH MERDEKA (GAM)

Gerakan Aceh Merdeka, atau GAM adalah sebuah organisasi (yang dianggap separatis) yang memiliki tujuan supaya Aceh, yang merupakan daerah yang sempat berganti nama menjadi Nanggroe Aceh Darussalam lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. GAM dipimpin oleh Hasan di tiro yang bermukim di Swedia dan berwarganegaran Swedia. Tujuan utama GAM adalah ingin NAD berpisah dengan NKRI.

Di dalam situsi antara GAM dan pemerintah, masyarat  NAD yang menjadi korban karena terjadi konflik antara GAM dan pemerintah sehingga para anggota GAM sering melakukan penculikan dan penarikan pajak terhadap para masyarakat NAD bahkan juga terjadi perang, sehingga para masyarakat NAD menjadi resah. Untuk itu para masyarakat NAD meminta agar pemerintah segera menyelesaikannya.

Dalam menyelesaikan konflik yang terjadi antara pemerintah NAD dengan GAM, pemerintah pusat melancarka dua strategi yaitu otonomi khusus (untuk aspek agama, ekonomi, dan politik) bagi masyarakat sipil yang ada di NAD. Selain itu pemerintah juga mengadakan perundingan yang di kenal dengan sebutan COHA, hasil dalam perundingan ini pemerintah dan GAM tetap pada pendirian masing-masing.






Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MATA KULIAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger