analisis jurnal 3

Metode Riset

Analisis jurnal 3
Nama     : Fitri Nur Aisyah
NPM      : 19210632
Kls         : 3EA13



JUDUL :
Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St. Elisabeth Semarang

PENERBIT : IMROATUL KHASANAH OCTARINA DINA PERTIWI, 2010

LATAR BELAKANG :
Pada saat ini masalah kesehatan sudah menjadi kebutuhan yang utama bagi masyarakat. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang prima. Seiring dengan meningkatnya taraf kehidupan masyarakat,  maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan nilainilai kesehatan. Hal ini yang menjadikan Rumah Sakit St. Elisabeth dituntut untuk meningkatkan kualitas akan pelayanan jasa kesehatan yang lebih baik, tidak saja pelayanan kesehatan yang bersifat menyembuhkan saja, tetapi lembaga kesehatan juga dituntut untuk dapat memberikan kepuasan pasien rumah sakit. Fungsi Rumah Sakit St. Elisabeth  dewasa ini makin lebih baik ke arah pelayanan kesehatan yang menyeluruh dan terintegrasi seiring dengan berkembangnya ilmu dan teknologi. Baik dalam upaya penyembuhan bagi pasien yang sakit maupun bagi pasien yang membutuhkan konsultasi kesehatan dan upaya pencegahan serta peningkatan kesehatan.

MASALAH DAN TUJUAN :
1. Bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada RS.
    St. Elisabeth ?
2. Bagaimana pengaruh sarana kesehatan terhadap kepuasan pasien pada
    RS. St. Elisabeth ?
3. Bagaimana pengaruh sarana pendukung terhadap kepuasan pasien pada RS.
    St. Elisabeth ?
METODELOGI POENELITIAN :
Jenis Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eks- planatory yaitu penelitian yang bermaksud menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta hubungan antara satu variable dengan variabel yang lain (Sugiyono, 2007:57), yaitu bukti fisik, keandalan, daya tanggap,
jaminan dan empati terhadap kepuasan konsumen pada pasien R. S St. Elisabeth Semarang.
Metode Pengambilan Sampel. MenurutSugiyono (2007:57), sampel adalah sebagiandari jumlah dan karakteristik  yang dimiliki oleh populasi tersebut. Sampel terdiri dari anggota yang dipilih dari populasi. Arena populasi bersifat infinit maka dalam penelitian ini teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel, berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang sedang menggunakan jasa R. S St. Elisabeth. Penelitian ini menggunakan 5 variabel yang dianalisis. Menurut Malhotra (1993:622) bahwa jumlah responden paling sedikit 4 atau 5 dikalikan dengan jumlah indikator yang digunakan dalam penelitian. Jadi jumlah responden yang diperlukan dalam penelitian ini adalah minimal = 5 x indikator (5 x 19 indikator =95 orang), akan tetapi dalam penelitian ini digunakan 115 agar  hasil penelitian lebih fit.
Pengumpulan Data. Kuesioner disiapkan dalam bentuk pilihan jawaban yang sesuai dengan persepsi responden,  yaitu berupa pertanyaan tertutup yang disertai dengan pertanyaan terbuka. Selanjutnya sebanyak 115 kuesioner disebar kepada responden dengan cara bertanya langsung pada responden dan
mewawancarai responden satu per satu. Pengukuran data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan skala Likert pada interval 1-5, dengan kriteria sebagai berikut : 1= Sangat Tidak Setuju; 2= Tidak Setuju;  3 = Netral; 4 = Setuju; 5 = Sangat setuju. Penyusunan dan persiapan kuesioner dilakukan dalam waktu 1 minggu. Total alokasi waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkan data primer kurang lebih selama 1 bulan. Data sekunder diperoleh melalui teknik dokumentasi dari sumber-sumber yang relevan terhadap penelitian

Tabel 4
Hasil Uji t
VARIABEL BEBAS
T HITUNG
SIGNIFIKANSI
WUJUD FISIK
2.000
0.048
KEANDALAN
2.021
0.046
DAYA TANGGAP
2.294
0.025
JAMINAN
2.005
0.047
EMPATI
2.137
0.035
                        Sumber: Data primer yang diolah, 2010

HASIL DAN REKOMENDASI
Uji t dilakukan untuk melihat apakah variabel-variabel independen dapat mempengaruhi variable dependen diperlukan pengujian statistik secara parsial. Dengan dilakukannya uji t ini maka akan diketahui apakah variabel wujud fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan kepastian, empati berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Hasil uji t dapat dilihat.

Berdasarkan tabel 4 dapat diketahui bahwa nilai t hitung lebih dari nilai t tabel yaitu lebih besar dari 1.66, maka Ha diterima. Selain besarnya t hitung, berdasarkan tabel 4 dapat dilihat bahwa nilai signifikansi wujud fisik adalah 0,048, nilai signifikansi kehandalan adalah 0,046, nilai signifikansi daya tanggap adalah 0,025 dan nilai signifikansi jaminan adalah 0,047, dan nilai signifikansi empati adalah 0, 035.  nilai signifikansi variabel bebas tersebut < 0,05, artinya secara individu masing-masing variabel bebas berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.


Sumber : http://jurnal.widyamanggala.ac.id/index.php/asetwm/article/view/35
Share this article :
 

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. MATA KULIAH - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger