ANALISIS
JURNAL I
1) Judul, Nama Pengarang, Tahun
Analisis Pengaruh Harga, Produk, Kebersihan, dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi kasus pada Restoran MamamiaCabang Mrican Semarang ; Ryan Nur Harjanto ; 2010.
2) Tema
Kepuasan Pelanggan di berbagai Tempat Makan.
3) Latar Belakang Masalah
- Fenomena
Semakin maraknya bisnis restoran ditunjukkan dengan perkembangan jumlah
restoran dari tahun ke tahun. Berdasarkan data dari Departemen Pariwisata dan
Perhubungan Semarang, menunjukkan jumlah restoran pada tahun 2006-2009 sebanyak
17.905, 18.889, 21.278, dan 23.667. (Sumber : Departemen Pariwisata dan
Perhubungan Semarang, 2010) Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang merupakan
salah satu restoran yang menghadapi ketatnya persaingan bisnis restoran pada
saat ini. Munculnya pesaing-pesaing sangat menyulitkan posisi restoran
tersebut.
- Penelitian Sebelumnya
Rayi Endah K. (2008) melakukan penelitian mengenai pengaruh kualitas layanan,
kualitas produk dan harga terhadap kepuasan pelanggan Restoran Warung Taman
Singosari Semarang. Kepuasan pelanggan diposisikan sebagai variable dependen,
sedangkan kualitas layanan, kualitas produk dan harga sebagai variable
independen yang diduga mempengaruhi kepuasan pelanggan.
- Motivasi Penelitian
Perbaikan kualitas restoran guna memenuhi kepuasan pelanggan.
4) Masalah
Jumlah pengunjung yang mengalami penurunan selama tahun 2006-2009 (Sumber : data primer diolah, 2010). Seberapa besar pengaruh faktor harga, faktor produk, faktor kebersihan, dan faktor kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamania Cabang Mrican Semarang.
5) Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh faktor harga, faktor produk, faktor kebersihan, dan faktor pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
4) Masalah
Jumlah pengunjung yang mengalami penurunan selama tahun 2006-2009 (Sumber : data primer diolah, 2010). Seberapa besar pengaruh faktor harga, faktor produk, faktor kebersihan, dan faktor kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan di Restoran Mamania Cabang Mrican Semarang.
5) Tujuan Penelitian
Untuk mengetahui pengaruh faktor harga, faktor produk, faktor kebersihan, dan faktor pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Restoran Mamamia Cabang Mrican Semarang.
Posting Komentar