EVALUASI
ALTERNATIF SEBELUM PEMBELIAN
1.
Kriteria
Evaluasi
Kriteria
evaluasi tidak lebih daripada dimensi atau atribut tertentu yang digunakan
dalam menilai alternatif-alternatif pilihan. Kriteria alternatif muncul dalam
banyak bentuk. Sebagai contoh, dalam membeli mobil konsumen akan
mempertimbangkan faktor-faktor seperti keselamatan, keandalan, harga, nama
merek, negara asal, garansi dan pemakaian bensin per kilometer. Konsumen
mungkin pula mempertimbangkan kriteria evaluasi lainnya seperti perasaan yang
muncul karena memilki (misalnya, prestise, status) dan pengemudian mobil
(misalnya, kegairahan, kesenangan). Macam-macam dari criteria evaluasi :
a)
Harga.
b)
Nama
merek
c)
Negara
asal 2. Penentuan Alternatif Pilihan
2. 2. Dalam penentuan alternative pilihan, terdapat
beberapa pertimbangan yaitu :
a)
Menyusun
Perangkat Pertimbangan : dalam hal ini bagaimana konsumen menentukan alternatif
yang akan menerima pertimbangannya yaitu bergantung pada faktor-faktor situasi
sekaligus individual
b)
Pengaruh
dari Perangkt Pertimbangan : salah satu bidang minat penelitian baru-baru ini
menyangkut bagaimana evaluasi dan pilihan dari alternatif tertentu dipengaruhi
oleh apa yang alternatif lain masukkan dalam perangkat pertimbangan.
3. 3. Menaksir
Alternatif Pilihan
Jika anda ingin membeli notebook,
anda mungkin akan membuat perbandingan langsung seluruh merek-merek atau
perubahan atribut merek.
Aspek
kinerja dalam alternatif pilihan :
1. Penggunaan indikator pengganti
2. Pentingnya relatif dan Pengaruh kriteria evaluatif
3. Kriteria evaluatif, Hukum individu, dan strategi
pemasaran
4. 4. Menyeleksi
Aturan Pengambilan Keputusan
Tingkat tinggi satu atribut tidak
dapat mengimbangi tingkat rendah yang lain. Keputusan disjungtif aturan dan
kata penghubung dapat menghasilkan seperangkap alternatif yang bisa diterima,
sedangkan sisanya aturan umumnya menghasilkan satu "terbaik"
alternatif.
Posting Komentar